Faktor Penyebab Runtuhnya Bani Umayyah

Trendilmu.com – Halo bertemu lagi dengan trendilmu.com salah satu situs penyedia informasi terbaik yang sangat layak dibaca. Pada kesempatan kali ini kita membahas artikel yang berjudul “Faktor Penyebab Runtuhnya Bani Umayyah” Mari kita simak penjelasan lengkap dibawah ini.

Faktor-faktor yang menyebabkan kemunduran dan kehancuran Bani Umayyah diklasifikasi menjadi dua bagian

Faktor internal, yaitu berasal dari dalam istana sendiri antara lain

a. perselisihan antara keluarga khalifah,

Diantrara para putra mahkota yang pertama telah memegang maka ia berusaha untuk mengasingkan keluarga yang lain da ingin menggantikan dengan anaknya sendiri.sehingga menurut Philip K.Hitti sistim pergantian  khalifah dari garis keturunan adalah suatu yang baru bagi tradisi Arab. Yang mengakibatkan terjadinya persaingan  yang tidak sehat dikalangan anggota keluarga istana.

b. perilaku khalifah atau gubernur  jauh dari aturan islam

Kekayaan Bani Umayyah disalah gunakan oleh khalifah ataupun gubernur untuk hidup berfoya-foya ,bersuka ria dalam kemewahan ,terutama masa khalifah yazid II naik Tahta ia terpikat oleh dua biduanitanya ,Sallamah dan Habadah serta suka meminum minuman keras. ditambah lagi para wazir dan panglima bani Umayyah sudah mulai korup dan mengendalikan Negara karena para khalifah pada saat itu sangat lemah.

Faktor eksternal istana, adalah yang berasal dari luar istana

a. Perlawanan dari kaum Khawarij

sejak berdiri dinasti Bani Umayyah para khalifahnya sering menghadapi tantangan dari golongan khawarij. Golongan ini memandang bahwa Ali bin Abi Thalib dan Muawiyah telah melakukan dosa besar. perbedaan sudut pandang pro Ali dan Pro Muaiwiyah ini menjadikan khawarij mengangkat pemeimpin dari kalngan mereka sendiri.

b. Perlawanan dari kalangan Syi`ah

Pada dasarnya kaum Syi`ah tidak pernah mengakui pemerintahan Dinasti bani Umayyah dan tidak perna memaafkan kesalahan mereka  terhadap Ali dan Husain hingga semakin aktid dan mendapat dukungan public.disisi mereka berkumpul orang-orang yang merasa tidak puas ,baik dari sisi politik,ekonomi maupun sosial terhadap pemerintahan Bani Umayyah.

c.    Perlawanan dari golongan Mawali

Asal mula kaum Mawali yaitu budak-budak tawanan perang yang telah dimerdekakan kemudian istilah ini berkembang pada orang islam bukan arab.ketika bani Umayyah berkuasa orang mawali dipandang sebagai masyarakat bawahan sehingga terbukalah jurang dan sekat sosial yang memisahkan ,padahal orang Mawali turut berjuang memebelah islam dari bani Umayyah, mereka adalah kaum infantri yang berjalan kaki yang bertempur dengan kaki telanjang  diatas terik panasnya padang pasir.mereka ahkirnya bergabung dengn gerakan anti pemerintah yakni pihak Bani Abbasiyah dan Syi`ah.

d.    Pertentangan etnis Arab Utara dengan Arab Selatan.

Masa khilafah Bani Umayyah ,pertentangan etnis antara suku arabia utara (baniQaisy) dan arabia Selatan  (bani Qalb) yang sejak zaman sebelum islam makin meruncing.atas asumsi tersebut apabila seorang khalifah berasal atau lebih dekat dengan Arab Selatan ,Arab Utara akan iri demikian sebaliknya,perselisihan tersebut  berimplikasi pada kesulitan Bani Umayyah menggalang persatuan.

e.    Perlawanan dari Bani Abbasiyah

Keturunan dari paman Rasulullah Keluarga Abbas,mulai bergerak aktif dan menegaskan mereka untuk menduduki pemerintahan dengan cerdik mereka bergabung dengan pendukung Ali dan menekangkan hak keluarga Hasyim.dengan memanfaatkan kekecewaan publik dan menampilkan sebagai pembelah sejati agama islam,para keturunan abbas segera menjadi pemimpin gerakan anti Umayyah.
Faktor Penyebab Runtuhnya Bani Umayyah
Ilustrasi


Nah begitulah pembahasan artikel kali ini tentang “Faktor Penyebab Runtuhnya Bani Umayyah”. Semoga Bermanfaat

Tag Keyword
hikmah runtuhnya dinasti umayyah sebutkan runtuhnya dinasti umayyah sebab2 runtuhnya dinasti umayyah apa penyebab runtuhnya dinasti umayyah sebab utama runtuhnya dinasti umayyah penyebab runtuhnya dinasti bani umayyah runtuhnya bani umayyah runtuhnya bani umayyah di andalusia runtuhnya bani umayyah di spanyol sebab runtuhnya dinasti umayyah sejarah runtuhnya dinasti umayyah faktor runtuhnya dinasti umayyah proses runtuhnya dinasti umayyah penyebab runtuhnya dinasti umayyah di damaskus makalah runtuhnya dinasti umayyah latar belakang runtuhnya dinasti umayyah dan abbasiyah faktor runtuhnya dinasti bani umayyah runtuhnya dinasti bani umayyah latar belakang runtuhnya dinasti umayyah sebab runtuhnya dinasti bani umayyah sejarah runtuhnya dinasti bani umayyah penyebab runtuhnya dinasti bani umayyah di damaskus runtuhnya dinasti umayyah dan berdirinya dinasti abbasiyah penyebab runtuhnya bani umayyah di spanyol sebab runtuhnya bani umayyah di spanyol hikmah dari runtuhnya dinasti umayyah ibrah dari runtuhnya dinasti umayyah penyebab dari runtuhnya dinasti umayyah faktor penyebab runtuhnya dinasti umayyah 4 faktor runtuhnya dinasti umayyah faktor yang menyebabkan runtuhnya dinasti umayyah 4 faktor penyebab runtuhnya dinasti umayyah runtuhnya dinasti umayyah penyebab runtuhnya dinasti umayyah auto insurance, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance ratings

0 Response to "Faktor Penyebab Runtuhnya Bani Umayyah"

Post a Comment

Iklan Bawah Artikel