Pengertian Budaya Dan Kebudayaan Lengkap

Trendilmu.com – Halo bertemu lagi dengan trendilmu.com salah satu situs penyedia informasi terbaik yang sangat layak dibaca. Pada kesempatan kali ini kita membahas artikel yang berjudul “Pengertian Budaya DanKebudayaan Lengkap” Mari kita simak penjelasan lengkap dibawah ini.

Pengertian Budaya

Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia. Dengan demikian, budayalah yang menyediakan suatu kerangka yang koheren untuk mengorganisasikan aktivitas seseorang dan memungkinkannya meramalkan perilaku orang lain.

Pengertian Kebudayaan

Kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti budi atau akal. Kebudayaan adalah hasil dari cipta, rasa dan karsa manusia.

Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism.

Herskovits memandang kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain, yang kemudian disebut sebagaisuperorganic.
Menurut Andreas Eppink, kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial,norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.

Menurut Edward Burnett Tylor, kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.

Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi,kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.

Dari berbagai definisi tersebut, dapat diperoleh pengertian mengenai kebudayaan adalah sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak.

Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.

Kebudayan menurut wujudnya digolongkan menjadi tiga macam yaitu :
1.      kebudayaan berwujud abstrak
2.      kebudayaan berwujud konkret; dan
3.      kebudayaan berwujud benda (fisik).

Unsur-unsur pokok kebudayaan yang sama dapat dijumpai pada setiap kebudayaan di dunia dinamakan kebudayaan universal (cultural universal)
Tujuh unsur pokok kebudayaaan universal :
1.      sistem religi dan upacara keagamaan
2.      sistem dan organisasi kemasyarakatan
3.      sistem pengetahuan
4.      bahasa
5.      sistem kesenian
6.      sistem mata pencaharian hidup dan
7.      sistem teknologi dan peralatan

Dampak masuknya budaya asing antara lain :
1.      terjadi perubahan kebudayaan
2.      pembauran kebudayaan
3.      modernisasi
4.      keguncangan budaya
5.      penetrasi budaya
6.    memperkaya keberagaman budaya

Unsur-Unsur Kebudayaan menurut para ahli

Ada beberapa pendapat ahli yang mengemukakan mengenai komponen atau unsur kebudayaan, antara lain sebagai berikut:

Melville J. Herskovits menyebutkan kebudayaan memiliki 4 unsur pokok, yaitu:
1.         Alat-alat teknologi
2.         Sistem ekonomi
3.         Keluarga
4.         Kekuasaan politik

Bronislaw Malinowski mengatakan ada 4 unsur pokok yang meliputi:
  • sistem norma sosial yang memungkinkan kerja sama antara para anggota  masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan alam sekelilingnya
  • organisasi ekonomi
  • alat-alat dan lembaga-lembaga atau petugas-petugas untuk pendidikan (keluarga adalah lembaga pendidikan utama)
  • organisasi kekuatan (politik)

Faktor-faktor yang mempengaruhi kebudayaan :

1.         Suku bangsa
2.         Bahasa
3.         Aliran politik
4.         Agama
5.         Masalah kaya dan miskin
6.         Intergrasi nasional
7.         Pengaruh Keberagaman Budaya di Indonesia

Pengaruh Positif :

  • Keanekaragaman kebudayaan sangat menarik dan dapat dijadikan objek pariwisata.
  • Keanekaragaman budaya daerah dapat membantu meningkatkan pengembangan kebudayaan nasional
  • Tertanamnya sikap untuk saling menghormati dan menghargai antar suku yang berbeda.         

Pengaruh Negatif :

  • Kecurigaan antarsuku
  • Adanya pontensi konflik antarsuku dan hambatan pergaulan antarsuku karena perbedaan bahasa dan budaya
  • Banyaknya suku bangsa yang ingin menerapkan hukum adatnya.

Pengertian Budaya Dan Kebudayaan Lengkap
Ilustrasi

Nah begitulah pembahasan artikel kali ini tentang “Pengertian Budaya Dan Kebudayaan Lengkap”. Semoga Bermanfaat

Tag keyword:
pengertian budaya politik pengertian budaya politik menurut para ahli pengertian budaya organisasi pengertian budaya demokrasi pengertian budaya menurut para ahli pengertian budaya politik parokial pengertian budaya politik secara umum pengertian budaya dan kebudayaan pengertian budaya lokal pengertian budaya perusahaan pengertian budaya politik menurut rusadi sumintapura pengertian budaya politik militan pengertian budaya politik unggul pengertian budaya populer pengertian budaya maritim pengertian budaya politik menurut samuel beer pengertian budaya indonesia pengertian budaya politik kaula pengertian budaya nasional pengertian budaya kerja pengertian budaya adalah pengertian budaya asing pengertian budaya atau kebudayaan pengertian budaya antri pengertian budaya akademik pengertian budaya adiluhung pengertian budaya asing dan contohnya pengertian budaya adaptif pengertian budaya aceh pengertian budaya agraris pengertian budaya agama pengertian budaya akulturasi pengertian budaya adat pengertian budaya antropologi pengertian budaya asimilasi pengertian budaya adaptasi pengertian akulturasi budaya dan contohnya pengertian adopsi budaya pengertian antar budaya pengertian antropologi budaya menurut koentjaraningrat pengertian budaya betawi pengertian budaya bangsa pengertian budaya bali pengertian budaya birokrasi pengertian budaya baca pengertian budaya beserta contohnya pengertian budaya barat pengertian budaya banten pengertian budaya barat dan timur pengertian budaya belajar pengertian budaya barat menurut para ahli pengertian budaya bacson hoabinh pengertian budaya bersih pengertian budaya batak pengertian budaya bahari pengertian budaya bisnis pengertian budaya beragama definisi budaya barat definisi budaya bangsa pengertian budaya menurut buku pengertian budaya carok pengertian budaya china pengertian budaya clan pengertian budaya (culture) pengertian budaya cyber pengertian budaya campuran pengertian cagar budaya nasional pengertian cagar budaya di indonesia

0 Response to "Pengertian Budaya Dan Kebudayaan Lengkap"

Post a Comment

Iklan Bawah Artikel