Pengertian Minat dan Faktor Yang Mempengaruhi Minat

Trendilmu.com – Baiklah pada kesempatan kali ini trendilmu.com akan membagikan tentang konsep minat, yakni pengertian Minat,faktor-faktor yang mempengaruhi minat, dan skala pengukuran minat.
 
Pengertian Minat dan Faktor Yang Mempengaruhi Minat
ilustrasi

Pengertian Minat

Minat adalah suatu disposisi yang terorganisir melalui pengalaman yang mendorong seseorang untuk memperoleh objek khusus, aktivitas, pemahaman, dan ketrampilan untuk tujuan perhatian atau pencapaian. Hal penting pada minat adalah intensitasnya, secara umum minat termasuk karakteristik afektif yang memiliki intensitas tinggi (Depdiknas, 2009).

Faktor-faktor yang mempengaruhi minat

Menurut Sukmadinata (2010) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat yaitu:
1)        Pengetahuan
Pengetahuan merupakan hasil tahu yang terjadi setelah orang melakukan penginderaan terhadap suatu objek tertentu. Penginderaan terjadi melalui panca indra manusia, yaitu: indra penglihatan, pendengaran, penciuman, rasa dan raba. Sebagian besar pengetahuan manusia diperoleh melalui pendidikan, pengalaman orang lain, media massa maupun lingkungan (Notoatmodjo, 2010).

2)        Pengalaman
Pengalaman sebagai sumber pengetahuan adalah suatu cara untuk memperoleh kebenaran pengetahuan dengan cara mengulang kembali pengetahuan yang diperoleh dalam memecahkan masalah yang dihadapi masa lalu.

3)        Informasi
Secara umum informasi dapat didefinisikan sebagai hasil dari pengolahan data dalam suatubentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian yang nyata yang digunakan untuk pengambilan keputusan. Informasi merupakan data yang telah diklasifikasikan atau diolah atau diinterpretasi untuk digunakan dalam proses pengabilan keputusan.

Skala pengukuran minat

Menurut Damin (2010), jenis skala pengukuran minat yaitu dengan menggunakan skala ordinal. Skala ini merupakan penomoran pada objek yang disusun menurut besar atau urutan (range), tetapi nomor tersebut tidak menunjukkan jarak yang sama antar dua nomor.

Pustaka

Notoatmodjo, S.  (2010)Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi, Jakarta: Rineka Ilmu.Sukmadinata, N. (2010)Metode Peneliltian Pendidikan, PT Remaja Rosdakarya: Bandung.
auto insurance, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance ratings

0 Response to "Pengertian Minat dan Faktor Yang Mempengaruhi Minat"

Post a Comment

Iklan Bawah Artikel