Mengapa Saya Harus Presentasi ???

Assalamu’alaikum…Kenapa Harus bisa dan terampil dalam presentasi?

Manusia selama hidupnya selalu berinteraksi dengan orang lain. Dalam interaksi tersebut, kegiatan yang paling sering dilakukan adalah berkomunikasi. Dengan begitu, keterampilan berkomunikasi adalah adalah salah satu kunci keberhasilan manusia di dalam berinteraksi dengan sesamanya. Presentasi adalah sebuah metode berkomunikasi baik dengan perorangan ataupun dengan sekelompok orang. Keterampilan  presentasi dapat membatu seseorang berhubungan dengan orang lain baik secara individu maupun di dalam kelompok, terutama untuk menyampaikan ide atau informasi, meyakinkan, menjual dan mengajak.

Seorang tenaga penjual harus dapat dapat meyakinkan calon pelanggannya untuk menjual produk atau jasanya, seorang mahasiswa harus dapat meyakinkan dosen tentang proyek yang akan dikerjakan, seorang karyawan harus dapat meyakinkan atasannya tentang ide produk barunya, seorang pelatih harus dapat mengajak pemainnya melakukan suatu strategi pertandingan. Apakah semua itu bisa dilakukan dengan “diam”? semua itu harus dilakukan dengan “bicara”, baik dalam bentuk dialog, pidato atau presentasi.

Artikel terkait: Ingin Presentasi Anda Sukses??? Ini yang Harus Dilatih

Bagi sebagian orang yang memiliki kecerdasan linguistic dan interpersonal, kegiatan presentasi mungkin sangat menyenangkan dan mudah. Akan sangat berbeda bagi mereka yang memlili kecerdasan linguistic dan interpersonalnya rendah. Mereka seringkali kesulitan menyusun kata-kata yang runtut tidak dapat dimengerti dengan baik dan merasa tidak nyaman berada di kerumunan orang yang mendengarkannya. Namun, itu bukan berarti bahwa mereka tidak akan mampu melakukan presentasi dengan baik.

Sama seperti seorang bayi, tidak bisa mereka lahir dan langsung berjalan. Mereka harus melalui fase-fase persiapan, mengalami jatuh, mengalami benjol-benjol, dan sebagainya, untuk pada akhirnya mereka bisa berlari. Begitupun dengan keterampilan presentasi, tidak ada penjual yang tiba-tiba bisa menjual dengan baik, tidak ada dosen yang tiba-tiba bisa mengajar di depan kelas dengan sempurna, dan tidak ada mahasiswa yang tiba-tiba bisa melakukan presentasi tugas-tugasnya dengan baik di depan kelas. Mereka semua harus melalui proses persiapan yang cukup, karena itu, latihan keterampilan presentasi merupakan proses yang terus menerus.

Kesimpulannya keterampilan presentasi itu sangat penting bagi anda apapun latar belakang status anda sekarang, apakah anda siswa, mahasiswa, pegawai, penjual dan lain-lain sangat butuh keterampilan presentasi karena disitulah cara mengungkap maksud dan tujuan anda miliki. Nah Apa yang harus saya latih agar terampil presentasi?Tunggu postingan berikutnya. Oke demikian aja postingan kali ini semoga bermanfaat bagi anda semua dan share ke seluruh orang-orang dekat agar tahu betapa pentingnya presentasi. Wassalam.

2 Responses to "Mengapa Saya Harus Presentasi ???"

Iklan Bawah Artikel