Ingin Presentasi Anda Sukses??? Ini yang Harus Dilatih

Assalamu’alaikum…
Sebelumnya admin minta maaf atas keterlambatan posting. Sesuai janji saya di postingan mengapa saya harus presentasi maka pada kali ini kita sama-sama mencoba membahas bagaimana caranya supaya presentasi kita menarik dan mau di dengar oleh audien.

Agar terampil dalam presentasi, ada hal-hal yang perlu Anda latih, di antaranya:

Bangkitkan rasa percaya diri

Ada enam cara mengembangkan kepercayaan diri (dari buku Secret of Power Presentation oleh Peter Urs Bender)

artikel terkait dengan Bagaimana cara meningkatkan rasa percaya diri ??
  • Saat anda diperkenalkan, tersenyumlah dan pandanglah sekilas semua hadiri dan kemudian kepada orang yang memperkenalkan anda. Jangan menunduk malu tetapi berbanggalah.
  •  Mulailah dengan perlahan-lahan, dengan punggung dan dagu tegak.
  • Bukalah presentas dengan secara sungguh-sungguh mengatakan: “saya berbahagia di sini…”, “saya bergembira untuk menyampaikan presentasi ini….” Dan seterusnya.
  •  Beri sugesti terhadap pikiran anda, “yang saya sampaikan ini bermanfaat untuk pendengar, dan tidak ada yang lebih tau daripada saya”.
  • Berpakaianlah yang membuat anda percaya diri.
  • Hiasi wajah anda dengan senyum. Bila degub jantung anda menjadi cepat, Tarik nafas dalam-dalam melalui hidung dan tegakkan punggung.

Keterampilan berbicara

Latihlah keterampilan berbicara dengan mengatur intonasi dan irama bicara. Pendengar yang berbicaranya perlahan, berharap mendengarkan perlahan-lahan. Pendengar yang berbicaranya cepat mengharapkan percakapan yang cepat. Oleh sebab itu presenter harus menguasai kecepatan dalam berbicara.

Menyusun kalimat

Ada baiknya gunakan mind mapping untuk membuat susunan presentasi. Dengan menggunakan mind mapping otak akan dilatih menyusun asosiasi yang teratur dan sistematis. Sebagian audiens mengharapkan adanya penggunaan kalimat visual (misalnya: saya melihat, saya berpandangan, dll) dan sebagian lagi mengharapkan penggunaan kalimat auditif (misalnya, saya dengar, dll).

Menatap audien

Menatap audien menunjukkan empati dan perhatian kepada pendengar sehingga akan membuat pendengar merasa penting dan merasa nyaman dalam mendengarkan. Tidak semua orang mampu dengan mudah menatap lawan bicaranya. Namun dengan latihan saling menatap lima menit perhari selama satu minggu dengan kawan akan meningkatkan kemampuan dalam menatap audien.

Persiapan fisik

Seorang presenter haruslah memiliki fisik yang prima, jangan sampai ketika sedang presentasi tiba-tiba pingsan. Untuk itu, latihlah dan persiapkan fisik dengan melakukan latihan pernafasan, latihan tersenyum, latihan postur dan pengelolaan gerak tubuh, dan istirahat yang cukup sebelum melaksanakan presentasi.


Nah begitulah artikel Ingin Presentasi Anda Sukses??? Ini yang Harus Dilatih, semoga bermanfaat.

2 Responses to "Ingin Presentasi Anda Sukses??? Ini yang Harus Dilatih"

Iklan Bawah Artikel