Cara Memperoleh Pengetahuan

Trendilmu.com – pada kesempatan sebelumnya telah dijelaskan pengertian dan tingkatan pengetahuan. Nah pada kali ini trendilmu.com akan mencoba membahas Cara Memperoleh Pengetahuan mari kita simak penjelasan berikut ini.
Cara memperoleh pengetahuan
Ilustrasi


Menurut Notoadmodjo (2003) cara memperoleh kebenaran pengetahuan sepanjang sejarah, dapat dikelompokkan menjadi 2 yaitu:

Memperoleh Pengetahuan dengan Cara Tradisional

Cara-cara penemuan pengatahuan pada periode ini antara lain:
(a) Cara coba-coba
Dilakukan dengan menggunakan kemungkinan tersebut tidak berhasil dicoba kemungkinan yang lama.

(b) Cara kekuasaan (otoritas)
Dimana pengetahuan diperoleh berdasarkan pada kekuasaan, baik otoritas tradisi, otoritas pemerintah, otoritas pemimpin, maupun otoritas ahli ilmu pengetahuan.

(c) Berdasarkan pengalaman
Hal ini dilakukan dengan cara mengulang kembali pengalaman yang diperoleh dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi pada masa yang lalu

(d) Melalui jalan pikiran
Manusia telah mampu menggunakan penalarannya dalam memperoleh pengetahuan

Cara modern dalam memperoleh pengetahuan.

Cara baru atau modern dalam memperoleh pengetahuan pada dewasa ini lebih sistematis, logis dan ilmiah, cara ini disebut dengan metode penelitian ilmiah atau lebih populer lagi metodologi penelitian.

Cara Pengukuran Pengetahuan

Menurut Arikunto (2006), pengukuran pengetahuan dapat diperoleh dari kuesioner atau angket yang menanyakan isi 16 materi yang ingin diukur dari subyek penelitian atau responden. Kedalaman pengetahuan yang ingin kita ketahui atau kita ukur dapat kita sesuaikan dengan tingkat pengetahuan tersebut diatas. Sedangkan kualitas pengetahuan pada masing-masing tingkat pengetahuan dapat dilakukan dengan skoring yaitu:

(1) Tingkat pengetahuan baik bila skor atau nilai 76-100 %
(2) Tingkat pengetahuan cukup baik bila skor atau nilai 56-75 %

(3) Tingkat pengetahuan kurang baik bila skor atau nilai <56 %

0 Response to "Cara Memperoleh Pengetahuan"

Post a Comment

Iklan Bawah Artikel