Pengertian Ruang Sampel dan Titik Sampel
Definisi ruang sampel :
Ruang sampel adalah himpunan dari semua hasil yang mungkin pada suatu percobaan/kejadian.
Ruang sampel suatu percobaan dapat dinyatakan dalam bentuk diagram pohon atau tabel.
Definisi titik sampel :
Titik sampel adalah anggota-anggota dari ruang sampel atau kemungkinan-kemungkinan yang muncul.
Contoh :
| 1. | Pada percobaan melempar dua buah mata   uang logam (koin) homogen yang bersisi angka (A) dan gambar (G) sebanyak satu   kali. Tentukan  ruang sampel percobaan tersebut. Jawab : | |
| a. | Diagram pohon: Kejadian yang mungkin : AA : Muncul sisi angka pada kedua   koin AG : Muncul sisi angka pada koin 1   dan sisi gambar pada koin 2 | |
| b. | Tabel: Ruang sampel = { (A,A), (A,G), (G,A),   (G,G) } Banyak titik sampel ada 4 yaitu    (A,A), (A,G), (G,A), dan (G,G). | |
| 2. | Dua dadu homogen berbentuk kubus   bermata 6 dilempar bersama-sama sebanyak satu kali. Tentukan ruang sampel   pada percobaan tersebut. Jawab : | |
| Tabel: | ||
| Titik sampelnya ada sebanyak 36   kemungkinan | ||
| 3. | Seperangkat kartu bridge dikocok,   lalu diambil satu kartu secara acak. Tentukan ruang sampel percobaan tersebut   ? | |
|  | ||
| Jawab : | ||
| Seperangkat kartu bridge berisi 52   kartu yang terdiri dari empat kelompok yang dikenal dengan istilah daun /   sekop (  /MATEMATIKA/Teori%20Peluang/images/hal31a.jpg) ), keriting ( /MATEMATIKA/Teori%20Peluang/images/hal31b.jpg) ), wajik ( /MATEMATIKA/Teori%20Peluang/images/hal31c.jpg) ) dan hati ( /MATEMATIKA/Teori%20Peluang/images/hal31d.jpg) ). Kartu daun dan keriting berwarna   hitam, sedang wajik dan hati berwarna merah. Setiap kelompok bentuk tadi   masing-masing terdiri dari King, Ratu, Joker, As, angka 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8,   9 dan 10. Jika seperangkat kartu itu dikocok dan diambil satu kartu secara   acak, maka kejadian yang mungkin ada sebanyak 52 kemungkinan. | ||





0 Response to "Pengertian Ruang Sampel dan Titik Sampel"
Post a Comment