Pengertian dan Ciri-Ciri Komunikasi Massa

Pengertian komunikasi massa.

Pengertian dan Ciri-Ciri Komunikasi MassaKomunikasi massa berasal dari istilah bahasa Inggris yaitu mass communication. Artinya, komunikasi yang menggunakan media massa. Istilah mass communication diartikan sebagai salurannya, yaitu media massa. Massa mengandung pengertian orang banyak, mereka tidak harus berada di lokasi tertentu yang sama, mereka dapat tersebar atau terpencar di berbagai lokasi, yang dalam waktu yang sama atau hampir bersamaan dapat memperoleh pesan-pesan komunikasi yang sama.
Dalam Komunikasi Massa: Suatu Pengantarkarya Ardianto dan Komala dijelaskan definisi dari Komunikasi Massa adalah sebagai berikut: 
Pesan yang dikomunikasikan melalui medai massa pada sejumlah besar orang (Mass communication is messages communicated through a mass medium to large number of people).” (Rakhmat dkk. 1999).

Sedangkan dalam buku Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktekkarangan Effendi komunikasi massa memiliki pengertian yaitu: “Komunikasi yang menggunakan media massa.”
Dalam buku Komunikasi Dan Hubungan Masyarakatkarya Widjaja, Komunikasi Massa didefinisikan: “Komunikasi yang ditujukan kepada massa” .
Berbagai pengertian atau definisi mengenai komunikasi massa terlihat bahwa inti dari proses komunikasi ini adalah media massa sebagai salurannya untuk menyampaikan pesan kepada komunikan untuk mencapai tujuan tertentu secara masal.

Ciri-ciri komunikasi massa

Ciri-ciri komunikasi massa (Cangara, H, 2004) adalah sebagai berikut.
  1. Sifatnya terbuka dengan pesan-pesan yang umum.
  2. Penerimaan variatif dengan khalayak yang jumlahnya besarm heterogen, dan anonim.
  3. Sumber dan penerima dihubungkan oleh saluran yang telah diproses secara mekanik.
  4. Sumbernya dari suatu lembaga atau institusi yang terdiri atas banyak orang, misalnya reporter, penyiar, editor, teknisi dan lain-lain.
  5. Pesan komunikasi berlangsung satu arah.
  6. Tanggapan balik lambat atau tertunda.



Nah demikian artikel tentang pengertian dan ciri-ciri komunikasi massa. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengertian dan Ciri-Ciri Komunikasi Massa"

Post a Comment

Iklan Bawah Artikel