Manfaat dan Khasiat Semangka

Assalamu’alaikum…
manfaat dan khasiat semangka
Semangka source tanamanobatku.org
Bertemu lagi bersama saya admin trendilmu.com, pada kali ini kita akan membahas manfaat dan khasiat semangka. Sebelumnya mari kita mengenal dulu dengan nama lainnya semangka, kandungan kimia, efek farmakologis dan terakhir dengan manfaat untuk menyembuhkan penyakit.
Artikel terkait dengan Manfaat dan khasiat bunga matahari
A.      Nama
1.      Nama ilmiah                    : Citrullus vulgaris Schrad
2.      Nama daerah                   : semangka, semongko (Jawa); ghuleng-ghuleng(kangean), kalamboja (Nias); tamuja (Lampung); semangka(Sunda, Madura, Bali).
3.      Nama asing                      : watermelon (Inggris), Xi gua (Cina)

B.      Kandungan kimia dan efek farmakologis
Semangka kaya kandungan kimia seperti citrulin dan arginine. Kedua zat kimia tersebut berfungsi meningkatkan produksi urea di hati sehingga meningkatkan aliran dari urine. Selain itu semangka mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, asam aminoasetat, asam malat, karoten, bromin, kalium, natrim, likopen, fruktosa dan sukrosa. Bijinya mengandung sitrullin, mengandung vitamin B12, enzim urease, dan senyawa aktif kukurbositrin. Tanaman dari family cucurbiceae ini bersifat manis dan dingin. Khasiatnya sebagai penyejuk tubuh saat panas, peluruh kecing, antiradang, penghilang haus dan membersih ginjal. Biji juga bersifat manis dan netral yang berfungsi sebagai peluruh kecing, mamacu kerja ginjal, menstabilkan tekanan darah, dan menjaga kelembapan usus.

Jangan ketinggalan juga bahwa mawar bisa jadi obat alami juga
C.      Bagian yang digunakan dan pemanfaatannya
Bagian tanaman yang dapat digunakan sebagai obat, diantaranya biji, daging buah, dan kulit buah. Tanaman tersebut berguna untuk menyembuhkan penyakit berikut ini.
1.      Cacingan
Cuci bersih 5 g biji semangka yang sudah kering, lalu tumbuk halus. Seduh hasil tumbukan dengan ½ gelas air panas. Minum ramuan sekaligus selagi hangat.
2.      Penurun panas bagi anak-anak
Buat ½ gelas sari buah dari semangka atau peras buah semangka sampai menndapatkan air ½ gelas. Minum sari buah semangka sehari 2 kali, masing-masing ½ gelas
3.      Flek hitam di wajah dan penghalus kulit
Jemur kulit buah semangka secukupnya hingga kering. Tumbuk halus kulit buah kering hingga jadi bubuk. Tambahkan 2 sendok makan bubuk kulit semangka ke dalam jus daging lidah buaya (1 batang) dan mentimun (1 buah). Aduk ramuan sampai rata. Gunakan ramuan sebagai masker. Biarkan masker selama 1 jam, lalu cuci wajah dengan air hangat. Lakukan pengobatan 3 kali seminggu.
4.      Gangguan pencernaan (dyspepsia) dan nafsu makan kurang
Buatlah jus dari buah semangka dicampur dengan jus tomat dengan perbandingan yang sama. Minum jus tersebut 3 kali sehari, masing-masing 1 gelas


Catatan:
·       Jangan makan daging semangka bersama gula aren karena akan menyebabkan terbentuknya racun
·         Penderita  gangguan prostat pada pria dilarang makan buah semangka.
·         Penderita lambung lemah dan dingin dilarang makan buah semangka terlalu banyak.


Demikian postingan tentang manfaat dan khasiat semangka. Semoga bermanfaat, wassalam.

0 Response to "Manfaat dan Khasiat Semangka"

Post a Comment

Iklan Bawah Artikel