Kiat Mencegah Hipertensi

Assalamu’alaikum…
Mencegah Hipertensi
Apa kabar hari ini sahabat trend ilmu? Setelah sebelumnya saya memperkenalkan apa itu hipertensi serta tanda-tandanya maka pada kali ini sesuai janji saya kita akan membahas bagaimana cara mecegah hipertensi itu sendiri.

Berikut adalah bagaimana cara mencegah hipertensi :

Diet rendah lemak.

Untuk menghindari hipertensi kita perlu menjaga pola makan dengan cara mengurangi mengonsumsi bahan makanan sumber lemak jenuh, seperti kelapa dan produk olahannya (minyak kelapa), lemak hewan, margarin, dan mentega. Selain itu anda perlu membatasi konsumsi daging dan jeroan, seperti hati, limpa, dan ginjal.

Diet rendah garam

Diet rendah garam merupakan cara pengaturan penggunaan garam Natrium (Garam Dapur)  di dalam setiap makanan maupun minuman yang hendak dikonsumsi. Jadi diet ini sangat di anjurkan untuk mereka yang mempunyai penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi dan juga penyakit degeneratif lainnya seperti ginjal maupun jantung. Terlalu banyaknya asupan Natrium khususnya dalam bentuk garam dapur bisa menyebabkan penyakit asites, hipertensi dan adema.

Hindari memakan daging kambing

Daging kambing mengandung kolestrol yang apabila terus mengonsumsinya akan menimbulkan plak yang menyumbat pembuluh darah sehingga terjadi peningkatan resistensi pembuluh darah. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa peningkatan resistensi pembuluh darah dapat menyebabkan hipertensi.

Lakukan olahraga secara teratur

Lakukan olahraga rutin, selama tiga puluh menit setiap hari. Misalnya bersepeda, atau, berenang untuk mengurangi jumlah sirkulasi adrenalin dalam tubuh dan menenangkan pembuluh darah.

Berhenti minum kopi

Tidak dapat dipungkiri lagi kandungan kafein yang ada di kopi dapat menyebabkan hipertensi. Jika anda adalah seorang hipertensi maka kurangilah kebiasaan itu dikit demi sedikit.

Menghindari stress

Salah satu tugas saraf simpatis adalah merangsang pengeluaran hormon adrenalin. Hormon ini dapat menyebabkan jantung berdenyut lebih cepat dan menyebabkan penyempitan kapiler darah tepi.Hal ini berakibat terjadi peningkatan tekanan darah.

Ramuan Hipertensi

Berikut adalah beberapa ramuan yang pernah saya ketahuan untuk meringankan hipertensi.

Resep 1

Bahan yang dibutuhkan:
Buah mentimun sebanyak 2 buah
Cara pemakaian:
Buah Mentimun dicuci bersih lalu diparut. Selanjutnya diperas dan disaring. Airnya diminum. Lakukan 2-3 kali sehari.

Resep 2

Bahan yang dibutuhkan:
Bawang putih dikupas kulitnya sebanyak 2 butih
Cara pemakaian:
Bawang putih dikunyah sampai halus lalu ditelan dan minumlah air hangat sebanyak 1 cangkir. Lakukan 3 kali sehari.

Resep 3

Bahan yang dibutuhkan:
Daun alpukat sebanyak 3 lembar
Cara pemakaian:
Daun alpukat dicuci bersih. Seduh dengan 1 gelas air panas. Setelah dingin diminum sekaligus.

Begitulah kiranya kiat-kiat menangani hipertensi semoga bermanfaat. :)

0 Response to "Kiat Mencegah Hipertensi"

Post a Comment

Iklan Bawah Artikel